Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Recent Comments

Al Hikam 68 : Tiga Kebiasaan Yang Mencerminkan Kebodohan

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamualaikum wr. wb   

"Siapa yang selalu menjawab segala pertanyaan, menceritakan segala yang telah disaksikan dan mengungkapkan segala apa yang diketahui, maka ketahuilah bahwa yang demikian itu, pertanda kebodohan orang tersebut."


Dari kalam hikmah di atas. Ibnu Athaillah menyimpulkan tiga tanda, jika terlihat pada diri manusia, menunjukkan akan kebodohannya. Sebetulnya, satu saja dari tiga tanda itu sudah cukup pertanda kebodohan seseorang. Namun, nampaknya untuk langkah kehati-hatian. Ibnu Athaillah membuat standar tiga tanda itu, harus sama-sama ada pada diri manusia.

Pertama: seseorang yang terlihat tak ada keraguan sama sekali dalam menjawab setiap apa yang ditanyakan.
Artinya, dia selalu spontan dalam menjawab berbagai permasalahan yang diajukan, tanpa ada keraguan sama sekali. Kok bisa dikatakan tanda kebodohan hal yang sedemikian? Iya, karena keterkaitan masalah yang ditanyakan sebetulnya sangatlah kompleks dan luas yang mencakup pada sesuatu yang wujud. Berupa hal yang terlihat, terdengar, tercium dan bahkan yang ternalar oleh akal pikiran. Sedangkan poin penting dalam sebuah pertanyaan adalah mencari tahu dengan sesuatu yang masih belum diketahui.

Sebetulnya pertanyaan hanyalah berkaitan dengan hal-hal yang masih majhul, belum diketahui. Sedangkan jawaban, tidaklah mencakup kecuali pada bagian-bagian yang bisa terdeteksi atau diketahui akal manusia saja. Oleh karenanya, tidak mungkin manusia bisa menjelaskan permasalah yang ditanyakan dengan mencakup pada segala aspek.

Dan hal yang sudah maklum, bahwa ruang sesuatu yang masih absourd jauh lebih luas daripada ruang sesuatu yang bisa  terjangkau oleh akal. Sesuai dengan firman Allah QS. Al-Isra', 85
Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit"

Kira-kira apa yang mendorong mayoritas kalangan melakukan hal semacam ini? Sok tahu, sehingga spontan untuk menjawab ketika ada pertanyaan. Tak lain faktornya, karena benih sifat sombong masih tertanam pada dirinya, menganggap dirinya pintar dan berpengetahuan luas. Padahal, model semacam ini negatif efeknya sangat besar, yaitu menimbulkan munculnya sifat bohong, khianat riya' dsb.

Kedua: Tanda yang menunjukkan kebodohan seseorang adalah biasa menceritakan apa yang telah disaksikan kepada orang lain.
Maksudnya, ia menceritakan rahasia-rahasia batin yang mestinya disimpan dan disembunyikan yang memang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Di samping itu, karena tidak sedikit hal-hal yang diberitakan kadang memancing emosi atau permusuhan di kalangan masyarakat. Baik hal dimaksud adalah termasuk suatu yang terpuji di mata mereka, atau pun tercela. Karena apa pun isi beritanya, jika memang dapat meresahkan masyarakat, maka tidak boleh diekspos pada khalayak.

Sedangkan yang ketiga: adalah selalu menceritakan keadaan dirinya, baik sisi kebaikan atau pun kejelekannya.
Maksudnya bagaimana ini? Bukankah menceritakan nikmat adalah perintah dalam al-Quran? Seperti dalam QS. al-Dhuha: 11.
"Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan."

Kalau menceritakannya karena memang bentuk syukur atas keagungan nikmat Allah yang telah diterima, it is oke. Namun, jika karena tujuan ingin disanjung, dimuliakan, dihormati atau dingakat derajatnya. Ini yang sangat bahaya dan amat tercela.

Lebih bahaya lagi, ketika menceritakan kesalahan atau kejelekan yang telah dilakukan kepada orang lain. Jika ia menceritakan kejelekannya dengan bangga, seakan tak ada dosa baginya. Hal ini sangat bahaya, bahkan bisa menjerumuskan pada kekufuran. Karena orang yang melakukan kemaksiatan, lantas ia ceritakan pada orang lain dengan rasa bangga. Dapat membawannya pada kekufuran. Maka hati-hatilah dengan hal ini Semoga kita bisa menghindar dari semua sifat-sifat tercela di atas. Amin


Sumber :
Pesantren Sidogiri@sidogiri
http://chirpstory.com/li/248451


Terima kasih telah membaca artikel Al Hikam 68 : Tiga Kebiasaan Yang Mencerminkan Kebodohan, diijinkan untuk menyalin semua yang ada di wastripedia, untuk disebarluaskan.

Recent Posts :